Nur Yudhi

Palladium

Apa itu Palladium untuk Cincin?

Apa Itu Palladium

Cincin biasanya terbuat dari logam mulia sejenis emas, perak, ataupun berlian. Semua jenis logam mulia tersebut merupakan bahan dasar perhiasan yang terkenal, dan sering digunakan. Di samping itu, berbagai macam perdebatan bermunculan karena jenis logam mulia tersebut tidak bisa digunakan sebagai cincin laki-laki karena alasan tertentu, palladium bisa menjadi solusi logam mulia baru.

Palladium merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat berbagai macam perhiasan, salah satunya adalah cincin. Jenis logam mulia ini memiliki warna putih yang berkilau, dan memiliki daya tarik alami. Palladium juga memiliki kelebihan kualitas tekstur yang keras, sehingga cocok dijadikan sebagai cincin untuk pengganti emas. Anda harus mengetahui apa itu palladium, jika ingin memilikinya.

Penjelasan Apa itu Palladium

Palladium adalah salah satu bagian dari logam perak yang mempunyai pesona dari warna putih menawan. Warna putih dari logam mulia ini terbilang langka, sehingga kilauannya sangat mempesona dan jarang ditemukan pada logam mulia manapun. Palladium juga memiliki kemampuan untuk mengubah warna pada emas menjadi putih karena elemen khususnya.

Palladium memiliki kemampuan untuk menyerap hidrogen lebih tinggi daripada logam mulia lainnya. Palladium juga merupakan salah satu jenis logam mulia yang masuk ke dalam klasifikasi platinum grup metal, dan akhirnya dikenal sebagai logam mulia yang kuat. Palladium memiliki kandungan anti alergi, sehingga logam mulia ini akan lebih sulit mengalami oksidasi korosi.

Keunggulan dari Cincin Palladium

  1. Warna Putih Alami

Warna putih alami yang dihasilkan dari palladium akan menghasilkan kilauan yang unik. Kilauan ini tidak dimiliki oleh sembarang logam mulia, sehingga palladium menjadi logam mulia yang unik dan antik. Warna putih alami ini juga membuat palladium tidak perlu dilapisi oleh bahan lainnya untuk membuat kilauan uniknya.

  1. Kilauannya Tidak Mudah Luntur

Kilauan pada palladium ini tidak mudah luntur karena logam mulia ini memiliki berbagai macam kandungan yang mampu melindungi bahan intinya. Cincin ini juga tidak akan dengan mudah berubah bentuk, meski Anda menggunakannya dalam waktu yang lama. Cincin ini juga akan tetap berkilau, meski Anda tidak melepaskannya saat beraktivitas dengan air.

  1. Dapat dibersihkan dengan Mudah

Bahan palladium ini merupakan jenis logam mulia yang tidak memiliki kemampuan untuk menyerap debu. Hal ini mampu membuat cincin palladium mudah dibersihkan. Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu menyiapkan air hangat, dan kain yang lembut. Tahap selanjutnya masukan kain lembut ke dalam air hangat, dan bersihkan cincin palladiumnya secara perlahan.

  1. Tidak Berat

Cincin palladium memiliki berat yang ringan, jika Anda membandingkannya dengan logam mulia lainnya. Hal ini dapat membuat jari Anda lebih nyaman menggunakan cincin tersebut, sehingga cincin ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai perhiasan jangka panjang. Jari Anda juga akan menjadi lebih sehat, dan terbebas dari lecet karena beratnya yang ringan tidak akan merusak kulit.

  1. Harga yang Terjangkau

Jika Anda membandingkan cincin palladium dengan logam mulia lainnya, Anda akan menyadari bahwa harganya lebih terjangkau. Hal ini akan cocok untuk Anda jika suka mengoleksi logam mulia. Logam ini juga akan lebih murah dari emas putih, namun kualitasnya dan keindahannya setara dengan logam mulia tersebut.

  1. Tidak Menimbulkan Alergi

Palladium merupakan logam mulia yang cocok untuk Anda, jika Anda memiliki kulit yang sensitif. Kandungan khusus dalam palladium ini mampu memperlambat proses karat, sehingga tidak akan membuat kulit terkena karat. Logam ini juga mampu bertahan lebih lama, sehingga bisa digunakan dengan jangka waktu yang panjang tanpa adanya alergi. Kulit Anda pun akan bebas dari luka.

  1. Tahan Lama

Cincin yang terbuat dari logam mulia palladium memiliki keunggulan lebih tinggi 15 persen pada bagian kekuatannya. Keunggulan ini mengalahkan kualitas emas putih, sehingga cincin palladium tidak akan rusak, dan akan sangat awet meski Anda gunakan untuk berolahraga sekalipun. Cincin ini juga sangat kuat, sehingga bentuknya tidak akan berubah dalam waktu yang singkat.

Kekurangan dari Cincin Palladium

  1. Tidak Mudah Ditemukan

Cincin dari palladium terbilang sulit ditemukan di toko emas karena bahan dasarnya yang jarang. Hal ini juga disebabkan karena masyarakat Indonesia masih belum mengenal apa itu palladium lebih dalam. Cincin ini juga belum seterkenal emas dan perak, sehingga masyarakat Indonesia masih awam untuk membelinya.

  1. Bahannya yang keras

Jika cincin palladium ini dihasilkan dari kadar yang sebesar 50 persen, maka logam mulia ini harus dicampur dengan perak untuk membuat teksturnya lebih lentur. Palladium terkenal dengan teksturnya yang keras sehingga membuatnya awet, namun ini juga menjadi kekurangan jika Anda tidak menyukai tekstur logam mulia yang keras.

Pekembangan Logam Palladium

Pertama kali ditemukannya palladium, bahan ini langsung dinyatakan menjadi logam mulia asli meskipun memiliki sejarah yang berbelit dalam pengembangannya. Awalnya palladium ini hanya ditemukan dari sisa bahan residu platinum. Peneliti di London yang membuat logam mulia ini menjadi lebih terkenal karena mencampurkannya dengan beberapa zat, sehingga menjadi logam putih yang berkilau.

Palladium ini kemudian digunakan sebagai bahan dasar alat elektronik, bahan untuk bereksperimen, hingga digunakan sebagai bahan dasar cincin. Logam ini sangat terkenal dikalangan peneliti karena kandungan zatnya sangat unik, dan bisa dicampurkan untuk mendapatkan penelitian-penelitian baru. Harganya yang terjangkau juga membuat logam ini sering dicari untuk membuat berbagai aksesoris.

Fakta Unik dari Palladium

Palladium merupakan logam mulia yang langka, namun memiliki peminat yang tinggi dari beberapa kalangan tertentu. Palladium juga memiliki memiliki daya serap racun yang tinggi pada reaksi kimianya, sehingga tidak akan menghasilkan reaksi alergi. Logam ini juga memiliki kilauan yang cantik, dan tidak akan Anda temukan di berbagai logam mulia manapun, sehingga cincin Anda akan unik dan menarik.

Para peneliti banyak yang meneliti logam mulia palladium ini, karena memiliki reaksi kimia yang unik. Logam ini merupakan hasil bumi yang mudah ditemukan, karena banyak ahli yang mengatakan bahwa palladium berasal dari asteroid yang membentuk di dasar bumi. Bahannya yang mudah ditemukan ini tidak membuat palladium terkenal sebagai cincin, karena minimnya edukasi ke masyarakat di golongan tertentu.

Palladium juga sangat cocok digunakan untuk orang muslim yang enggan menggunakan cincin emas sebagai perhiasan perkawinannya. Hal ini membuat palladium diburu oleh laki-laki muslim untuk dijadikan sebagai cincin kawin. Palladium juga dikategorikan dalam kelompok logam mulia yang sejajar dengan osmium, iridium, rhodium, hingga platina.

Cincin Palladium dapat disimpulkan sebagai perhiasan yang unik dan langka, namun memiliki berbagai macam keunggulan yang bisa setara dengan cincin emas dan perak, Jika Anda telah mengetahui apa itu palladium dan berminat untuk memilikinya, Kotagede Jewellery menyediakan berbagai macam perhiasan dari logam mulia palladium. Harganya yang terjangkau, tapi kualitasnya akan setara dengan cincin emas.

Demikian Artikel Apa Itu Palladium