Nur Yudhi

Cincin Nikah

Memilih Cincin Nikah Platidium yang Tepat

Cincin nikah platidium

 

Bahan logam platidium, kini semakin diminati oleh banyak pasangan yang akan menikah. Pasalnya, kualitas bahan ini bisa bersaing dengan cincin yang berbahan emas. Apalagi untuk para pria yang memiliki alergi atau pantangan dalam memakai bahan emas. Cincin nikah platidium memiliki banyak sekali jenis yang bisa Anda pilih sesuai selera dan kebutuhan Anda.

Ada cara-cara yang harus diperhatikan saat memilih cincin nikah platidium. Kebanyakan orang terlalu tergesa-gesa saat memilih cincin nikah ini. Alhasil, cincin yang dipilih terlihat kurang menarik saat dikenakan di moment yang sangat special, yakni pernikahannya. Karenanya, Anda harus pandai-pandai mencari referensi model cincin nikah terbaik yang bisa menyesuaikan keinginan dan juga budget Anda beserta pasangan.

 

Cara Jitu Pilih Cincin Nikah Platidium Impian

Seperti yang sekilas dijelaskan di atas, sebagai calon pengantin Anda harus pandai-pandai dalam memilih model cincin nikah yang akan Anda kenakan saat proses pernikahan. Jenis cincin nikah platidium mungkin adalah pilihan yang tepat.

Namun karena banyaknya model cincin platidium, maka Anda tetap harus pertimbangkan cara pemilihan yang baik.

 

Berikut di bawah ini trik jitu memilih cincin platidium untuk nikah:

 

1. Cincin dengan Ukiran Laser

Cincin dengan bahan platidium adalah pilihan yang tepat untuk pembuatan ukiran huruf pada cincin. Dengan mengukir nama atau tanggal pernikahan pada cincin, maka cincin akan lebih mengesankan sebagai lambang pernikahan.

Pada umumnya, pengukiran nama pada cincin nikah Platidium ini bisa dibuat dengan dua metode. Dengan menggunakan mesin komputer atau menggunakan laser. Bagi Anda yang ingin mengedepankan kualitas untuk cincin platidium, maka penggunaan ukiran dari laser adalah hal yang tepat.

 

2. Memilih Single Permata Finishing Doff

Pilihan yang kedua adalah cincin nikah platidium dengan satu hiasan permata saja. Mungkin jenis cincin ini akan menampakkan kesan simpel. Namun semakin simpel cincin pernikahan, akan semakin terlihat berkelas. Ditambah lagi dengan finishing doffnya, cincin Anda akan terlihat lebih menawan karena kesan mengembun yang ada pada mode finishing tersebut.

Model cincin platidium yang satu ini, ternyata banyak diminati. Selain modelnya yang simpel dan terlihat berkelas, cincin model ini juga terbilang tidak menguras banyak biaya.

 

3. Pertimbangan Ketahanan Material Cincin

Ada banyak sekali jenis cincin yang dibuat dengan bahan logam berbeda-beda. Cincin pernikahan yang sifatnya sakral ini, tentu harus dipertimbangkan dengan baik soal ketahanannya. Bahan platidium bisa jadi pilihan bahan cincin yang awet. Apalagi bahan logam yang satu ini memang dikenal punya sifat keras, sehingga bentuknya pun tidak mudah berubah.

Bahan platidium juga dikenal punya tekstur yang tidak mudah kusam. Dengan memilih jenis cincin berbahan platidium, maka Anda juga akan dimudahkan dengan proses pembersihan saat dibutuhkan.

 

4. Pertimbangkan Kehalalan dan Keamanan

Bagi mempelai wanita, bahan cincin apapun mungkin tidak akan menimbulkan banyak resiko. Berbeda dengan pria. Dalam ajaran agama Islam, seorang pria tidak diperkenankan memakai emas karena kandungannya yang buruk untuk kesehatan. Hal ini bisa menjadi landasan untuk Anda, agar lebih mempetimbangkan dari segi halal dan sehatnya cincin tersebut.

Lagi-lagi, bahan platidium bisa menjadi solusi terbaik dari acuan ini. Bahan platidium sangat berbeda dengan bahan emas. Kandungan yang ada pada logam ini tidak memiliki bahan berbahaya bagi kesehatan. Sehingga sangat aman digunakan, baik untuk mempelai pria maupun mempelai wanita.

 

5. Sesuaikan Budget

Mempersiapkan budget atau biaya adalah hal yang paling penting. Semakin kualitas cincin yang ingin Anda beli, maka Anda juga harus siap dengan biaya besar yang harus Anda bayarkan. Apalagi saat ini hampir semua jenis cincin nikah membutuhkan biaya yang mahal.

Setidaknya, Anda bisa tahu referensi harga dan kualitas cincinya terlebih dulu. Kemudian Anda bisa mengambil harga sesuai dengan budget yang sudah Anda siapkan.

 

6. Pilih Toko dengan Pamor Bagus

Memiliki model cincin saja tidak cukup, Anda juga harus mempertimbangkan kualitas toko tempat Anda membeli cincin. Toko yang bagus, akan selalu menyediakan cincin yang bagus pula kualitasnya. Untuk menemukan toko cincin nikah berkualitas cukup mudah. Kini bahkan Anda bisa memesan secara online.

Namun pastikan Anda tahu track record dari kinerja toko tersebut dalam produksi cincin. Anda bisa ketahui hal tersebut dari beberapa hasil testimoni toko tersebut.

 

7. Memilih Warna yang Tepat

Tone warna kulit setiap pasangan tentu berbeda-beda. Cincin nikah dengan beragam jenis bahan juga memiliki pilihan warna yang bervariasi. Dari pilihan warna yang bervariasi ini, sebaiknya Anda sesuaikan dengan tone warna kulit Anda. Untuk Anda yang memiliki tone warna gelap, sebaiknya jangan memilih warna cincin hitam.

Anda bisa alihkan dengan memilih warna kecoklatan atau warna putih dengan finishing doff. Warna-warna cincin seperti akan lebih cocok terlihat di tone kulit yang sedang hingga gelap. Sedangkan untuk Anda yang berkulit putih, sebenarnya pilihan warna apapun akan cocok. Namun untuk mempercantik pemakaian, Anda bisa pilih warna-warna dengan finishing glossy.

 

8. Melakukan Pengukuran Jari

Mengukur jari untuk dipakaikan cincin, tentu tidak sama dengan mengukur baju. Jika mengukur baju, Anda bisa lakukan sendiri dengan meteran yang ada di rumah. Namun untuk mengukur jari agar sesuai dengan lingkar cincin, sebaiknya Anda lakukan di toko cincin target yang dituju.

Biasanya, toko cincin akan menyediakan alat pengukur khusus untuk jari yang akan dipakaikan cincin. Dalam hal ini, Anda tidak bisa datang sendirian. Pasangan Anda juga wajib hadir untuk menentukan ukuran jari dan cincin. Karenanya, pemilihan cincin tidak bisa dilakukan secara sepihak. Kedua mempelai harus turut terlibat secara langsung.

 

9. Jangan Tergesa-gesa

Hal yang satu ini seringkali dilakukan oleh pasangan-pasangan yang saling sibuk. Banyak dari pasangan tersebut yang terlalu terburu-buru dalam menentukan pilihan cincin pernikahan. Hal ini bisa jadi juga disebabkan karena pemahaman akan cincin pernikahan yang kurang kuat.

Peran cincin nikah memang cukup penting. Anda tidak perlu ragu untuk berpikir panjang dalam mempertimbangkan cincin mana yang akan Anda pilih sebagai lambang cinta seumur hidup Anda. Tetap calm down dan cocokkan selera Anda dengan pasangan dalam memilih cincin pernikahan.

 

10. Membeli di Jauh-Jauh Hari

Satu lagi hal yang cukup penting dalam membeli cincin adalah mempertimbangkan waktunya. Hal ini berlaku juga untuk Anda yang membeli cincin secara custom. Pasalnya jika Anda membeli cincin secara custom, maka pihak toko tentu perlu persiapan untuk membuat cincin pesanan agar sesuai dengan yang Anda inginkan.

Selain itu, membeli cincin dari jauh hari akan menghindarkan Anda dari resiko kenaikan harga. Bahan yang digunakan untuk membuat perhiasan, sangat rawan dengan kenaikan harga. Kemudian, Anda juga bisa terhindar dari sikap tergesa-gesa dalam memilih.

Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada situasi Anda kedepannya. Lakukan secepatnya selama Anda memiliki waktu luang. Memilih cincin juga akan membutuhkan waktu yang panjang, sesuai dengan referensi contoh cincin yang ada.

Beberapa cara memilih cincin nikah platidium di atas bisa menjadi pegangan Anda sebelum membelinya pada toko yang dituju.

Cincin nikah platidium adalah pilihan cincin yang tepat untuk Anda pilih karena kualitas bahannya. Selain itu, pilihan modelnya juga lebih beragam. Untuk informasi referensi cincin platidium bisa Anda lihat di Kotagede Jewellery.