Nur Yudhi

Desain Rumah

Cara Mendesain Rumah Impian Dengan Jasa Desain Rumah

Jasa Desain Rumah

Mempelajari bagaimana cara mendesain rumah sendiri sangat bermanfaat dan berguna untuk mengutarakan ide dan gagasan anda pada sebuah gambar berupa denah rumah. Selain itu ini juga sangat berguna untuk mengkomunikasikan keinginan dan kebutuhan anda ke jasa desain rumah pilihan anda atau pun mendapatkan gambaran realisasi bagaimana rumah anda nantinya jika sudah di bangun.

Memang keahlian untuk mendesain rumah tidak bisa di pelajari secara instan di butuhkan pendidikan khusus untuk bisa menjadi seorang arsitek yang ahli dalam merancang sebuah bangunan. Tetapi untuk anda yang ingin membangun rumah impian tidak perlu belajar terlalu jauh. Di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara mendesain rumah impian dengan mudah.

Cara Mendesain Rumah Impian Dengan Jasa Desain Rumah

Tentu saja cara yang akan kita pelajari ini adalah cara paling dasar dalam membuat sebuah desain rumah. Karena memang tujuannya adalah untuk mengetahui sedikit gambaran dari rumah impian yang ingin anda bangun. Tetapi jika anda benar-benar ingin membangun rumah sebaiknya menggunakan jasa arsitek profesional yang memang keahliannya di bidang merancang dan mendesain bangunan. Berikut ini tips mendesain rumah impian anda dengan mudah.

Mulai Mengumpulkan Referensi Desain

Mengumpulkan banyak inspirasi dan referensi desain adalah langkah pertama sebelum anda memulai untuk memainkan imajinasi anda dalam membuat kerangka desain rumah dan menuangkannya dalam bentuk denah rumah. Anda dapat mencari inspirasi tersebut dengan cara melihat hasil karya para arsitek yang sudah ada.

Selain mencari melalui majalah desain rumah anda juga dapat pergi ke event atau pameran. Temukan desain rumah yang sesuai dengan tipe, gaya dan karakter anda. Mungkin anda akan sedikit kesulitan karena memang ada ratusan contoh desain rumah yang dapat anda temukan dari mana saja.

2.Tentukan Apa Kebutuhan Anda

Mengetahui apa saja yang anda butuhkan di dalam rumah adalah hal kedua yang harus anda perhatikan sebelum memulai untuk menggambar denah ruangan. Mulailah dengan membuat daftar kegiatan yang akan anda dan keluarga lakukan di dalam rumah.

Kemudian buat juga daftar ruangan apa saja yang di butuhkan untuk mengakomodir semua aktivitas tersebut. Jangan lupakan juga ruangan service seperti kamar mandi, ruang dapur dan ruang mencuci jika di perlukan. Buat daftar tersebut secara rapi dan berurutan supaya anda tidak kebingungan nantinya.

3.Mulai Menggambar Sketsa Dengan Garis

Setelah kamu sudah mendapatkan inspirasi desain yang cocok serta mengetahui ruangan apa saja yang ingin kamu buat di dalam denah rumah. Mulailah untuk membuat sketsa rumah namun dengan hanya menggunakan sketsa. Gambarkan lahan yang anda miliki dengan perbandingan skala.

Jika anda merasa kesulitan anda dapat menggunakan kertas milimeter block untuk memudahkan kamu dalam menggambar denah rumah. Dengan kertas milimeter block ini kamu akan di permudah dalam menarik setiap garis agar tetap sesuai dengan sekala yang sudah kamu tentukan.

4.Mulai Implementasikan Program Pada Ruangan

Cara mendesain rumah yang berikutnya adalah dengan memasukkan setiap kebutuhan ke dalam ruangan yang kamu inginkan pada lahan yang telah kamu gambarkan dengan menggaris dan membuat ruangan-ruangan.Selain itu anda juga perlu untuk mempertimbangkan ukuran dari setiap ruangan yang ada di dalam denah. Pastikan semuanya menggunakan ukuran standar yang baik supaya ruangan pada setiap denah rumah punya ukuran yang cukup.

5.Lakukan Uji Coba dan Buat Alternatif Denah

Pada saat anda ingin memasukkan sebuah ruangan dan mengatur ruangan yang ada di dalam denah mungkin anda akan sedikit menemukan kendala. Misalnya saja seperti lahan yang ada tidak muat atau posisi ruangan di rasa kurang pas. Oleh sebab itu anda mungkin akan melakukan perubahan beberapa kali sampai anda menemukan formula yang tepat untuk denah rumah anda.

Terkadang anda juga harus menghapus beberapa fungsi ruangan yang tidak menjadi prioritas atau menggabungkan beberapa fungsi ruangan menjadi satu supaya semua kebutuhan dapat terpenuhi. Misalnya saja seperti ruang tamu dan ruang tempat menonton televisi.

6.Mulai Menambahkan Beberapa Detail Pada Denah

Setelah anda menemukan tatanan denah rumah yang pas dan sesuai dengan keinginan. Di langkah ini anda sudah dapat menambahkan beberapa detail mulai dari ketebalan dinding, menambahkan pintu dan jendela (termasuk arah untuk membuka dan menutup).  Tambahkan juga perabotan dan furniture di setiap rangan yang ada di denah anda. Semakin detail denah yang anda buat maka akan semakin bagus.

Dengan memiliki denah rumah dasar yang anda buat sendiri, tentu anda akan lebih mudah dalam mengimajinasikan seuasan yang ada di dalam rumah impian anda. Selain itu, dengan adanya denah rumah ini anda juga akan membantu para arsitek untuk menvisualisasikan rumah impian anda. Jangan ragu untuk menggunakan jasa arsitek karena mereka akan sangat membantu mewujudkan rumah impian anda.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai bagaimana cara mendesain rumah impian dengan mengunakan jasa desain rumah. Meskipun hanya sebuah denah dasar saja, tetapi ini akan sangat membantu anda dalam mengetahui bagaimana cara kerja seorang arsitek.

Jasa Desain Rumah