Nur Yudhi

Label Masker

Kenali Macam-Macam Masker Lengkap dan label masker Dengan Fungsinya

Label Masker

Pandemi virus corona yang semakin meluas membuat kebutuhan masker terus meningkat. Di beberapa negara di dunia bahkan masyarakat rela harus antre demi mendapatkan masker yang dipercaya bisa melindunginya dari virus corona. Macam-macam masker dan label masker sudah banyak bermunculan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini.

Dengan jenis yang berbeda mulai dari masker satu kali pakai sampai yang bisa digunakan berulang kali, tentu saja fungsinya tidak sama. Meskipun jenisnya beda, di era pandemi seperti sekarang masker sama-sama memiliki fungsi untuk menghalangi droplet atau partikel udara keluar dari pemakainya saat batuk, bersin ataupun berbicara.

Tentu saja pemilihan masker harus benar benar yang berkualitas. Selain itu Label masker yang dipilih juga harus kualitas terbaik. Hal ini begitu penting untuk kesehatan dalam jangka panjang. Termasuk lebih utamanya untuk melindungi bagian mulut dan hidung dari paparan virus di tengah wabah dan pendemi seperti saat ini.

Label Masker yang berkualitas tentu akan bisa menghadang semua masalah penyebab penyakit yang bisa saja terhirup melalui saluran pernapasan. Maka dari itu pilihlah masker terbaik agar fungsinya benar benar seperti seharusnya.

Macam-Macam Masker dan Label Masker Yang Penting Untuk Anda Ketahui!

Penggunaan masker merupakan salah satu hal penting dalam pencegahan penularan virus corona. Selama beraktivitas di luar rumah, semua orang wajib mengenakan masker. Saat ini tersedia macam-macam masker dengan fungsi dan kegunaan masing-masing. Agar tidak salah pilih, berikut ini beberapa jenis masker yang bisa digunakan di era pandemi beserta fungsinya.

1. Masker N95

Jenis masker yang pertama yaitu masker N95. Masker ini dikenal sebagai respirator udara yang dapat melindungi penggunanya dengan cara memfilter partikel berbahaya. Masker N95 hanya bisa berfungsi untuk debu dan kotoran saja dan tidak berfungsi untuk gas dan uap.

Dengan penggunaannya yang benar, masker ini mempunyai efisiensi penyaringan yang tinggi mencapai 95%. Meskipun demikian, nyatanya masker N95 hanya efektif pada partikel dan patogen dengan diameter 0,3 mikron saja.

Penting untuk diketahui, jenis masker ini tidak boleh dipakai lebih dari 8 jam. Karena lebih dari waktu tersebut, masker N95 tidak efektif lagi untuk menahan asap dan partikel. Jadi pastikan setelah 8 jam, Anda harus menggantinya dengan masker yang baru.

2. Masker Bedah

Masker ini paling mudah ditemukan di apotek. Pada umumnya masker bedah berwarna biru atau hijau. Jenis masker bedah dirancang khusus untuk menjaga penggunanya dari tetesan partikel bear atau percikan air liur yang jaraknya dekat.

Masker bedah mempunyai ukuran yang lebih longgar dan terbuat dari tiga lapisan, terdiri dari dua lapisan luar dan satu lapisan tengah berfungsi sebagai penyaring. Jenis masker ini harus memiliki efisiensi penyaringan sebesar 80% atau lebih.

Biasanya jenis masker bedah digunakan dalam industri kesehatan sehingga tidak cocok digunakan untuk pekerjaan bangunan. Penggunaan masker bedah yang benar adalah bagian berwarna menghadap keluar yang anti air sehingga mencegah cairan apapun terserap ke dalamnya.

3. Masker Gas

Macam-macam masker yang ketiga yaitu masker gas. Masker ini berfungsi untuk melindungi dari uap dan gas yang berbahaya. Sehingga masker gas sangat efektif jika digunakan di tempat yang berkaitan langsung dengan bahan kimia tertentu. Karena masker ini memiliki filter yang sesuai.

Biasanya masker gas tidak memfilter partikel udara kecuali jika maskernya memang didesain memiliki filter penghalau. Jenis masker gas tidak bisa ditemukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Pada umumnya masker ini digunakan oleh petugas khusus saat terjadi kebakaran.

Petugas lain yang biasa menggunakan masker gas diantaranya pekerja pabrik pengalengan besi, tukang cat dan petugas laboratorium kimia. Fungsi utama masker ini adalah melindungi pernapasan dari kontaminasi kimia.

4. Masker P95

Berbeda dengan masker N95, untuk masker P95 ini memiliki kemampuan menyaring partikel yang mengandung minyak seperti bensin, solar, cat, minyak goreng atau minyak tanah. Sesuai fungsinya, pengguna masker P95 biasanya orang-orang yang berada di wilayah berminyak. Angka pada masker P95 mencapai 95% dengan kemampuan menyaring partikel di udara.

5. Masker P99

Jenis masker satu ini dikenal sebagai masker yang mahal dibandingkan jenis masker lainnya. Salah satu alasannya karena masker P99 paling ampuh dalam menghalau berbagai partikel. Keunggulannya, untuk lamanya penggunaan masker ini mencapai 40 jam sebelum diganti. Kemampuannya dalam menyaring partikel berbahaya bisa mencapai 99%.

6. Masker Pita

Sesuai namanya, untuk jenis masker ini mempunyai bentuk yang jauh lebih menarik dibandingkan masker lainnya. Masker pita kebanyakan digunakan oleh masyarakat Jepang dan Korea dengan fungsi utama menghalau masuknya serbuk sari ke hidung.

Masker pita tidak memiliki lembaran filter yang berfungsi sebagai penyaring untuk melindungi pemakai dari kontaminasi virus atau kuman. Tapi, untuk Anda yang ingin terhindar dari debu dan partikel cukup besarm jenis masker satu ini bisa jadi pilihannya.

7. Masker Kain

Masker kain biasa digunakan oleh kalangan masyarakat umum dengan bahan utama yaitu kain. Masker kain yang efektif untuk mencegah penularan virus adalah masker yang memiliki minimal tiga lapisan. Karena terbuat dari kain, masker ini jika sudah kotor dan basah bisa dicuci kembali sampai bersih.

Di era pandemi seperti sekarang, orang sehat dianjurkan untuk menggunakan masker kain sebagai perlindungan. Salah satu Dokter Paru mengatakan bahwa penggunaan masker ini lebih baik daripada tidak menggunakan masker sama sekali.

Salah satu fungsinya adalah menahan droplet. Di tengah harga masker bedah yang cukup mahal, jenis masker kain rupanya lebih terjangkau dan bisa dijadikan alternatif pilihan. Selain itu, masker kain bisa digunakan berulang kali. Untuk anjuran pemakaiannya, masker kain tidak boleh dipakai lebih dari 3 jam.

8. Masker R100

Masker R100 merupakan jenis masker medis dengan kemampuan perlindungan respirasi yang sangat bagus. Hampir 100% partikel berbahaya bisa dihalau dengan jenis masker satu ini. Sama halnya seperti masker virus yang lain, masker ini dilengkapi dengan permukaan anti mikroba. Setelah 8 jam memakai masker R100 dianjurkan untuk segera menggantinya meskipun tidak terlihat kotor.

Yang dibutuhkan Produsen Masker Kain : Label Masker

Setelah mengetahui aneka macam masker yang beredar dipasaran, untuk produsen masker kain jangan sampai melupakan untuk menggunakan produk yang satu ini, meski kecil bentuknya, aksesoris fashion ini sering dilupakan orang, padahal keberadaannya sangat penting untuk keberlangsungan brand produk fashion kita.

Buat yang serius membangun brand produk fashionnya maka perlu untuk memasang label masker di produk maskernya. Sekarang ini banyak beredar masker di pasaran maka untuk membedakan dengan masker sejenis maka kita perlu menyematkan label masker di samping kiri atau kanan.

Label masker yang banyak digunakan dan cocok dipakai ada dua jenis yaitu label masker jenis woven damask dan label masker jenis satin printing yang tebal. Buat Anda dua produk itu cocok terutama untuk yang mempunyai segmen market premium atau menengah ke atas.

Dan Jangan lupa kunjungi web dari Indonesialabel.com untuk membuat label masker anda lebih fashionable dan beda dengan yang lain.