Nur Yudhi

Resep Cheese Cake

Resep Cheese Cake Sederhana

Resep-Cheese-Cake-Sederhana

Resep Cheese Cake Sederhana Yang Penuh Misteri

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi cheesecake atau kue keju hanyalah custard yang dibuat dengan cream cheese bukan susu segar, walau pun memang cream cheese yang asli adalah dari susu murni yang telah di fermentasi. Kue yang penuh kelezatan ini sungguh penuh misteri sehingga bisa dipahami mengapa banyak yang ingin mengetahui resep cheese cake sederhana yang bisa dipraktikkan di rumah. Dan seperti custard, ada dua kategori utama cheesecake yang mengandung pati dan yang tidak. Menambahkan pati ke kue keju, atau ke puding, memengaruhi metode memasak dan teksturnya, membuatnya lebih kencang dan kecil kemungkinannya untuk mengental.

Di negeri paman Sam, terdapat  3 jenis cheesecake yang cukup terkenal, walau pun tiap negara bagian mempunyai cita rasa cheesecake yang unik. Ketiga jenis cheesecake yang paling terkenal yaitu Cheesecake Style New York, bagian permukaan lebih matang karena dipanggang pada suhu yang sedikit lebih tinggi dari panas pada biasanya. Cheesecake jenis kedua adalah cheesecake yang bernama Cheesecake Style Philadelphia, cheesecake ini memiliki tekstur yang lebih lembut karena banyak menggunakan  kuning telur dibandingkan dengan resep cheesecake lainnya. Jenis cheesecake ketiga adalah jenis cheesecake Cheesecake Style San Francisco, ciri khas dari cheesecake ini yaitu memiliki tekstur yang medium, yang berarti tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan. Rasanya yang pas membuat para penikmat cheesecake menempatkannya kedalam salah satu jenis cheesecake favorit mereka sepanjang masa.

Tanpa pati, kue keju berbentuk krim

Tekstur cheesecake tanpa pati cukup halus dan jika adonannya mengandung krim asam, rasanya juga sangat creamy. Kombinasi sensual dan mewah yang cocok untuk dessert cheesecake yang kaya (lihat resep Classic Creamy Cheesecake dan Pumpkin Cheesecake with Gingersnap & Pecan Kerak).

Tanpa pati, kue keju mengandalkan telur untuk kekuatan pengentalnya. Penebalan terjadi ketika protein telur mentah terlepas dan terhubung satu sama lain, yang terjadi saat telur matang. Selain itu, pengemulsi dalam kuning telur, lesitin dan lipoprotein membantu membuat tekstur kue keju menjadi halus.

Seperti custard lainnya tanpa pati, kue keju membutuhkan panas yang lembut agar tidak mengental. Sedikit panas akan memasak protein secukupnya untuk membuatnya saling terkait secara longgar untuk membentuk tekstur yang tebal namun halus, tetapi di luar ambang batas panas tertentu, protein akan mengeras dan membentuk dadih. Seperti halnya crème anglaise (puding rebus), yang harus diaduk terus-menerus dengan api yang sangat rendah, kue keju tanpa pati harus dipanggang dengan sangat lembut dan merata agar tidak mengental.

Ada beberapa cara untuk melindungi kue keju tanpa pati dari panas yang berlebihan. Betsy Murrelle, seorang pemilik toko peralatan masak di Banner Elk, North Carolina (dan seorang juru masak yang luar biasa), memanggang cheesecake-nya dalam oven bersuhu 135 ° C selama satu jam, dan kemudian meninggalkannya dalam oven yang dimatikan selama satu jam lagi. Salah satu baker yang lain, Doris Koplin, seorang ahli pembuat roti dan cheesecake profesional, memanggang cheesecake-nya tanpa pati pada suhu 350 ° F selama 30 menit (waktu yang cukup untuk membuat adonan panas) lalu dia mematikan api dan meninggalkan cheesecake dalam oven tertutup selama sekitar satu jam untuk melanjutkan memasak dengan sangat lambat. Cara lainnya adalah dengan memanggang kue keju di waterbath. Dalam oven 175 ° C, suhu dalam system waterbath berkisar sekitar 95 ° C, yang memungkinkan puding mengeras tanpa mengental.

Mengapa Resep Cheese Cake Sederhana Sangat Unik ?

Resep-Cheese-Cake-Sederhana

Kue keju dengan pengaturan kanji yang kokoh

Saat Anda menambahkan tepung jagung atau tepung ke kue keju, teksturnya menjadi lebih kencang dan kasar, ​​mungkin tidak ideal untuk hidangan penutup, tetapi cukup cocok untuk kue keju yang gurih. Penebalan terjadi ketika butiran pati dipanaskan, yang menyebabkannya membengkak dan akhirnya meletus, melepaskan isinya dan menciptakan jaringan molekul yang kusut.

Pati dalam adonan memengaruhi cara memasak. Sama seperti crème pâtissière (krim pastry), yang pada dasarnya adalah crème anglaise plus pati, dapat dimasak dengan api sedang-rendah langsung tanpa mengental, begitu pula kue keju dengan pati dimasak tanpa waterbath dalam oven yang cukup panas. Dalam hal ini, pati melindungi telur dari pengadukan dengan mencegah pembekuan telur. Bagaimana? Bersandar pada teori bahwa butiran pati yang membengkak secara fisik menghalangi protein telur yang menghubungkan, sehingga memperlambat koagulasi. Apa pun mekanismenya, keberadaan pati berarti dapat memasak kue keju dengan aman pada suhu 165 ° C hingga satu jam tanpa waterbath, sama seperti Anda dapat mendidihkan crème pâtissière tanpa takut mengental.

Rahasia Resep Cheese Cake Sederhana Tanpa Retak

Mengapa kue keju retak

Pertanyaan yang paling sering terjadi tentang cheesecake adalah: Mengapa cheesecake saya retak? Sulit bagi juru masak untuk mempercayai jawaban itu sudah terlalu matang. Tidak mungkin, protes juru masak. Bagian tengahnya bergoyang sedikit, seolah belum selesai. Itu benar jika kue masih panas, tetapi periksalah setelah dingin dan Anda akan melihat bahwa kue itu keras dan kering tepat di sekitar celah. Memasak terlalu lama menyebabkan protein menyusut dan kue mengering, menyebabkan retakan.

Menurut pendapat kami, menilai kematangan kue keju adalah salah satu hal yang paling menipu dan membingungkan dalam memasak. Kami telah membuat kue keju Rose Levy Beranbaum dengan sukses berkali-kali, dan setiap kali ada bagian di tengah, setidaknya berdiameter tiga inci, yang bergoyang-goyang seolah-olah di dalamnya benar-benar encer. Kami selalu kagum setelah dingin, kuenya dimasak dengan sempurna.

Cara paling sederhana untuk menghindari keretakan adalah mempersingkat waktu memasak, tetapi Anda juga bisa bermain-main dengan variabel lain. Gula memperlambat proses memasak dengan menghalangi koagulasi protein, jadi menambahkan lebih banyak akan memberikan penghalang ekstra untuk mencegah terlalu matang. Pilihan lainnya adalah memotong telur dari resep. Lebih sedikit telur berarti lebih sedikit protein, laju koagulasi lebih lambat, dan pemasakan lebih lambat.

Jika hal yang tidak dapat disebutkan benar-benar terjadi dan kue keju Anda berakhir dengan celah kecil pada kue, lakukan apa yang dilakukan salah satu baker yaitu Doris: Berikan es dicampur dengan krim kocok, dan tidak akan ada yang tahu perbedaannya. Cheesecake pada dasarnya memiliki tekstur yang cukup lembut, rasa manis bercampur dengan asam segar yang kaya akan rasa,  membuat kue ini digemari oleh seluruh kalangan masyarakat. Ada banyak resep cheese cake sederhana yang bisa Anda praktikkan, Anda tinggal memilih mana yang sesuai dengan selera dari keluarga Anda.