Nur Yudhi

Cincin Nikah

Tips Untuk Memilih Cincin Nikah Surabaya dan Rekomendasinya

cincin nikah surabaya

Saat dua insan mengikat janji untuk bersama sehidup semati dalam ikatan pernikahan, cincin digunakan sebagai simbol ikatan suci tersebut. Karena hal itulah, pemilihan cincin kawin menjadi hal yang penting untuk Anda dan juga pasangan. Agar Anda bisa mendapatkan cincin yang tepat, berikut akan kami berikan beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih cincin Nikah Surabaya.

 

Makna yang Dikandung Oleh Cincin Nikah Surabaya

Selain digunakan sebagai simbol ikatan suci pernikahan, cincin juga digunakan sebagai simbol keabadian karena bentuknya yang merupakan lingkaran. Lingkaran merupakan bentuk yang tidak memiliki awal maupun akhir, inilah yang menyebabkan munculnya filosofi mengenai keabadian yang disimbolkan melalui cincin tersebut.

Tidak adanya akhir pada cincin tersebut juga melambangkan kebersamaan dan kesatuan antara Anda dan pasangan yang tidak akan hancur atau terpisahkan. Selain itu, cincin juga sering digunakan sebagai simbol bagi cinta antara pasangan, yang mana cinta tersebut tidak memiliki akhir.

 

Tips Memilih Cincin Nikah Surabaya

Cincin Nikah surabaya digunakan sebagai simbol ikatan cinta di antara pasangan, maka cincin kawin tentu saja diharapkan untuk dapat digunakan seumur hidup. Karena hal tersebut, Anda dan pasangan harus memilih cincin kawin yang sesuai dengan keinginan dan juga karakter masing-masing. Adapun beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih cincin kawin adalah sebagai berikut:

 

1. Menentukan Anggaran Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus Anda tentukan adalah terkait dengan anggaran. Jika sudah menentukan anggaran, pilihan Anda akan lebih terfokuskan dan akan lebih mudah memilih cincin kawin. Dengan adanya anggaran untuk cincin kawin pun Anda akan lebih mudah untuk menentukan bahan dan jenis yang akan dipilih.

 

Jika ingin untuk memiliki cincin kawin dengan model atau desain yang mewah dan dihiasi oleh banyak berlian, Anda dapat mempertimbangkan untuk menabung sejak jauh-jauh hari. Menabung sejak jauh-jauh hari akan lebih meringankan beban Anda pada saat mendekati waktu pernikahan karena kebutuhan yang lainnya.

 

2. Memilih Bahan Cincin

Umumnya, pasangan akan memilih emas kuning atau juga emas putih sebagai bahan yang digunakan untuk membuat cincin kawin, karena material tersebut akan menghasilkan cincin yang indah dan juga berkilau. Namun, dewasa ini sudah banyak pasangan yang mulai beralih dari emas kuning dan emas putih.

 

Alternatif bahan atau material cincin pernikahan yang dapat Anda pilih adalah perak yang memiliki penampilan berkilau seperti emas dengan harga yang terjangkau. Namun, perak memiliki kekurangan, yaitu mudah pudar dan juga mudah tergores.

 

Selain perak, platinum juga dapat menjadi alternatif bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, karena platinum tidak mudah menyebabkan alergi. Selain itu, cincin bermaterial platinum juga terlihat sangat indah, berwarna putih, dan juga berkualitas tinggi karena memiliki sifat anti karat.

 

Di antara beberapa alternatif material cincin, palladium adalah material yang cukup terkenal belakangan ini karena memiliki banyak kelebihan. Kelebihan palladium di antaranya yaitu ringan, nyaman digunakan, tahan gores, tidak mudah pudar, dan juga berwarna putih yang elegan. Namun, palladium termasuk material yang terbatas atau sulit didapatkan.

 

3. Menentukan Model Cincin kawin yang Diinginkan

Sebelum pergi ke toko dan memilih cincin Nikah Surabaya, Anda harus mencari tahu dan menentukan model atau desain cincin yang diinginkan. Jika bingung, Anda dapat memilih model cincin berdasarkan kepribadian Anda, di antaranya seperti:

 

· Cincin Plain Band

Merupakan cincin bermodel klasik tanpa adanya hiasan apapun seperti berlian. Model cincin ini cocok sekali untuk Anda yang menyukai gaya yang sederhana dan tidak begitu menyukai menggunakan perhiasan.

 

· Cincin Solitaire

Cincin Solitaire adalah model yang paling banyak diminati sebagai cincin kawin. Cincin ini merupakan cincin dengan satu mata berlian yang ada di sentralnya. Cincin solitaire memiliki filosofi mengenai pernikahan, yaitu kehidupan rumah tangga akan berjalan secara lancar dan tidak ada hambatan dalam perjalanannya. Model cincin ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang feminin.

· Cincin Vintage

Selanjutnya cincin vintage yang merupakan cincin dengan pancaran aura romantis dan dihiasi dengan desain rumit. Biasanya, yang memilih cincin jenis ini memiliki kepribadian yang hangat, romantis, dan juga mencintai seni.

· Cincin Shaped

Shaped adalah cincin yang sesuai dengan namanya, yakni memiliki bentuk tambahan dan tidak hanya bundar saja. Model cincin ini biasanya dipesan secara terpisah dan dapat menyesuaikan keinginan Anda. Namun, perlu diingat bahwa untuk membeli cincin model ini Anda biasanya akan dikenakan biaya tambahan

· Cincin Duo Tone atau Dual Tone

Ini adalah model cincin pernikahan yang pas untuk Anda yang menyukai tampilan yang unik dan berbeda. Cincin ini dibuat dengan kombinasi dari dua warna yang akan menambah kesan unik, namun tetap manis pada tampilan Anda.

 

4. Menentukan Ukuran yang Tepat

Agar cincin digunakan setiap hari, Anda harus menentukan ukuran yang tepat terlebih dahulu sebelum membeli cincin kawin. Hindari untuk memilih cincin dengan ukuran yang terlalu kecil maupun terlalu besar.

 

Setelah menentukan ukuran yang tepat, jangan lupa untuk mencoba cincin langsung pada saat Anda membeli, sehingga tidak ada kesalahan yang terjadi. Tips yang dapat Anda gunakan untuk membeli cincin adalah membeli saat sore hari yang mana tubuh Anda berada pada suhu tubuh yang normal dan tidak akan ada perubahan terhadap lingkar jari.

 

5. Manfaatkan Waktu Semaksimal Mungkin

Dalam memilih cincin pernikahan, Anda harus berhati-hati dan tidak terburu-buru. Hal ini dikarenakan jika terburu-buru dan tidak berhati-hati, ada kemungkinan bahwa Anda akan menyesal atas pilihan tersebut.

Maka dari itu, Anda butuh waktu yang cukup untuk dapat meyakinkan diri akan pilihan cincin kawin tersebut. Pilihlah cincin pernikahan lebih awal, sehingga Anda akan memiliki waktu yang lebih banyak apabila ingin menukarnya kembali.

 

Saat Anda mengunjungi toko perhiasan, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan penjual atau pakar perhiasan yang ada di toko tersebut. Gunakan waktu dengan baik saat mencoba cincin, Anda dapat mencobanya untuk beberapa saat dan cobalah sambil melakukan aktivitas seperti menulis atau juga mengetik.

6. Pertimbangkan untuk Mencari dan Juga Membeli Cincin kawin Bersama dengan Pasangan

Baik untuk pria maupun wanita, menebak dan menerka selera orang lain tidak akan menjadi hal yang mudah, meskipun Anda sudah merasa mengenal orang tersebut. Maka dari itu, ajaklah pasangan saat akan mencari atau membeli cincin kawin, agar cincin tersebut sesuai dengan selera Anda maupun pasangan.

 

Pertimbangkan juga pendapat pasangan akan cincin kawin, karena pada akhirnya baik Anda maupun pasangan masing-masing harus mengenakan cincin tersebut dengan harapan hingga selamanya, bukan?

 

Karena maknanya yang begitu dalam, cincin nikah Surabaya menjadi hal yang penting untuk suatu pernikahan. Jika Anda ingin memiliki cincin custom, Kotagede Jewellery dapat menjadi solusi untuk Anda. Jangan lupakan tips yang sudah kami sampaikan, ya!