Nur Yudhi

PR Agency

Peran Konsultan Public Relation Untuk Branding dan Campaign

Konsultan Public Relation

Peran konsultan public relation bisa dikatakan sangat penting bagi sebuah bisnis. Adapun konsultan publik sendiri merupakan jasa yang bergerak dibidang komunikasi. Dalam kata lain makna public relation adalah humas atau hubungan masyarakat.

 

Perannya sangat penting bagi sebuah perusahaan atau organisasi untuk meningkatkan reputasi brand produknya sehingga usaha tersebut juga semakin dikenal banyak orang. Namun sebelum mengenal lebih mengenai tugas serta peran konsultan PR (Public Relation), terdapat latar belakang adanya jasa ini.

 

Latar Belakang Peran Konsultan Public Relation

 

Media masa berbasis online saat ini sudah sangat marak dikalangan siapa saja. Ternyata dengan adanya kemudahan akses bagi masyarakat pembaca untuk mendapatkan informasi yang dicari, media masa berbasis online lebih dikenal baik oleh masyarakat. Maka dari itu, hal ini dimanfaatkan bagi pelaku usaha untuk menyampaikan atau menyebarluaskan informasi tentang keberadaan usahanya. Namun sayangnya, tidak begitu mudah membawa informasi usaha kepada media untuk mendapatkan perhatian dan dipublikasi.

 

Maka dari itu jasa konsultan sangat berperan penting, karena tujuannya memberikan edukasi kepada masyarakat agar paham atau bahkan menggunakan brand produk dari perusahaan yang sedang di promosikan.

 

Peran Konsultan Public Relation  Secara Detail

 

Untuk saat ini jasa konsultan di Indonesia hanya diketahui sebagian masyarakat saja. Namun dalam dunia bisnis jasa ini sangat penting, sebab bagi mereka untuk menyewa humas dananya cukup besar. Serta tidak semua organisasi memiliki devisi, dan kurangnya rasa percaya terhadap management serta keefektifan publik relation (PR). Lebih lanjut lagi, inilah peran konsultan PR secara detail:

  • Mempengaruhi, menganalisis, dan menginterpretasikan opini serta sikap publik. Serta isu-isu yang mempengarui operasi dan rencana organisasi baik buruk maupun baik.
  • Memberi saran kepada management di semua level organisasi selubung dengan pembuat keputusan, jalan, tindakan, serta komunikasi dan mempertimbangkan tanggapan publik. Tanggung jawab sosial.
  • Penasehat independen sehingga akan mampu dan mau melontarkan sejumlah kririkan tajam.
  • Pengalaman menghadapi berbagai macam klien, sehingga keterampilan tekniknya benar-benar terasah serta bervariasi. Karena lebih akrab dengan kalangan media massa daripada unit atau departemen.
  • Memiliki lebih banyak fasilitas dan akses kepada para spesialis yang mampu menjanjikan hasil kerja yang terbaik.  Apalagi, banyak juga yang lokasi kantornya berada di pusat kota, dekat dengan kalangan media massa. Atau tempat-tempat lain yang mudah untuk capai, atau lebih tepatnya di tempat yang tidak tersembunyi.

 

Tugas Penting yang Harus Dilakukan

 

Sebagai konsultan tidak hanya hal memberikan nasehat pada masyarakat, namun perannya juga memiliki tugas penting yang harus dilakukan, yaitu seperti melakukan tindakan seperti kampanye. Adapun pembagian kampanye misalnya seperti branding campaign, pelayanan,  mengikuti budaya perusahaan serta corporate social responbility. Lalu, kualifikasi yang dibutuhkan antara lain seperti memiliki kemampuan berkomunikasi baik secara lisan atau tertulis.

 

Di kemampuan berorganisasi, seorang  konsultan haru memiliki jiwa kepemimpinan. Dapat diartikan sebagai kemampuan mengantisipasi masalah di dalam maupun di luar.

 

Peran konsultan public relation berikutnya yaitu memperluas jaringan ke kalangan-kalangan tertentu dengan pendekatan personal, sehingga dapat menjadi leading news paper atau pembuat berita.

 

Dengan demikian, maka tuntutan bekerja di bidang ini adalah memiliki banyak ide adalah salah satu strategi paling penting sebenarnya.  Berpikir kreatif menjadi suatu keharusan dalam mengambil tindakan, sebab tugas seorang  konsultan akan semakin sulit dan berat konsekuensinya.

 

Tujuan Adanya Tindakan Campaign

 

Tujuan branding atau campaign misalnya untuk menumbuhkan pengetahuan dan kesadaran terhadap permsalahan tertentu pada masyarakat, meningkatkan rasa suka dan peduli serta mendukung terhadap masalah yang dihadapi, serta melakukan tindakan untuk mengakui suatu permasalahan.

 

Begitu pentingnya peran sebagai penasehat bukan? Dengan mengutamakan kepuasan klien membuat jasa ini sangat terpercaya dan memang sangat dibutuhkan dalam bidang bisnis. Penyampai materi yang baik akan diterima dengan optimal kepada pendengar saat adanya kampanye tadi. Pelayanan terbaik demi hasil yang baik pula.

 

Dari penyebutan diatas tidak hanya dengan melakukan kampanye namun juga membantu menciptakan sebuah logo perusahaan, kreatifitas nama hingg produk. Kemudian perencanaan dan penerbitan media internal, perencanaan dan pembuatan seragam karyawan.

 

Pebisnis memerlukan jasa ini bukan tanpa alasan pastinya, namun ada beberapa hal yang menjadi dasar pertimbangan atas alasan memerlukannya jasa konsultan. Berikut di bawah ini beberapa diantaranya, yaitu:

  1. Pada saat organisasi membutuhkan pengelola program namun dalam jangka pendek, sementara.
  2. Membutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan dengan kemampuan khusus yang tidak dimiliki oleh karyawan yang ada.
  3. Sebuah objektivitas yang tinggi sehingga tepat jika menggunakan jasa ini, sebab dapat melakukan pekerjaan tanpa terimbas oleh kepentingan tertentu.
  4. Membutuhkan sumber daya manusia yang banyak untuk menyelesaikan suatu masalah. Serta biasanya jasa ini mampu menyediakan tim tersebut.

 

Kesimpulannya, peran konsultan public relation memang sangat penting. Misalnya untuk kegiatan branding secara berkelanjutan dan menjalin hubungan dengan perusahaan lain. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menyelenggarakan kegiatan beberapa acara perkenalan akan produk atau isu terhadap publik dan acara lainnya. Namun tetap menitik pusatkan pada sebuah acara yang bersifat mengundang dan mengumumkan.