Nur Yudhi

Bimbel CPNS

Tips Mengerjakan soal SKB ala Bimbel CPNS

Bimbel CPNS

Untuk anda yang telah mengikuti seleksi administrasi, kemudian mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan dinyatakan lolos, kini saatnya anda memasuki tahapan selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Bimbel CPNS telah merangkum beberapa informasi penting terkait tes SKB pada tes CPNS yang akan anda hadapi nanti.

Pada tes SKB, soal yang diberikan kepada para peserta akan berbeda, tidak sama seperti pada soal SKD. Soal tes SKB yang akan anda dapatkan tentu saja disesuaikan dengan formasi atau jabatan yang ingin anda lamar.

Mengenali ketentuan pelaksaan tes dan materi yang akan diujikan pada saat tes CPNS 2021 menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam menghadapi tes CPNS. Anda akan lebih siap ketika menghadapi tes dan mengerjakan soal. Sebab, anda sudah mengetahui dan terbiasa serta memahami cara pengerjaan soal tersebut.

Perlu anda ketahui bahwa kemungkinan besar peserta tes CPNS 2021 pasti sangat banyak, rencananya terdapat 1 juta formasi yang akan dibuka, belum lagi disebabkan tes CPNS 2020 yang batal digelar, maka tes tahun 2021 pasti akan membludak.

Ketentuan Pelaksanaan Tes SKB CPNS 2021

  1. Jumlah peserta yang akan mengikuti SKB paling banyak 3x dari jumlah kebutuhan/formasi setiap jabatan berdasarkan peringkat nilai SKD, sehingga peluang lolos anda hanya 1/3 saja.
  2. Materi SKB untuk jabatan fungsional disusun oleh instasnsi pembina jabatan fungsional
  3. Materi SKN untuk jabatan pelaksana yang bersifat teknis dapat menggunakan soal SKB yang disesuaikan/masih satu rumpun dengan jabatan fungsional terkait
  4. jabatan yang bersifat sangat teknis/keahlian khusus seperti: Pranata Komputer, maka SKB yang dapat dilakukan dalam bentuk tes praktik kerja
  5. Instansi Daerah yang menyelenggarakan SKB selain dengan CAT wajib menerapkan pedoman/panduan pelaksanaan SKB dan menyampaikan kepada Menteri dengan tembusan Kepala BKN selaku ketua tim pelaksana Panselnas, satu minggu sebelum pelaksanaan SKD digelar.

Kisi-Kisi Materi Tes SKB CPNS 2021

Dengan ketentuan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kisi-kisi untuk menghadapi tes SKB yang akan datang berdasarkan referensi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada SKB CPNS tahun 2020 adalah sebagai berikut:

  • Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terkait jabatan yang dilamar.
  • Peraturan instansi terkait terkait jabatan yang dilamar.
  • Relevansi atau kaitan dengan latar belakang studi pelamar terkait jabatan yang dilamar.
  • Tes atau Soal-soal yang mungkin ditanyakan oleh instansi pembina jabatan:
  • Psikotes
  • Tes bahasa asing
  • Tes fisik atau kesamaptaan
  • Tes kesehatan jiwa
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Tes praktik kerja
  • Wawancara

Dan dari kisi-kisi tersebut, maka anda perlu memperhatikan betul hal-hal berikut ini agar dapat lolos pada tahapan tes SKB, Bimbel CPNS telah merangkumnya agar mudah anda pahami.

Berikut ini Tips Mengerjakan soal SKB ala Bimbel CPNS

1. Anda wajib mengenal Jenis-jenis Ujian dalam SKB

Peraturan Kemenpan RB Nomor 36 Tahun 2018 menyebutkan bahwa terdapat delapan jenis tes dalam Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Delapan diantaranya ini ada

  • Computer Assisted Test (CAT)
  • Tes Potensi Akademik
  • Tes Praktik Kerja
  • Tes Bahasa Asing
  • Tes Fisik atau kesamaptaan
  • Psikotes
  • Tes Kesehatan Jiwa
  • dan Wawancara

Setiap peserta tentunya akan menghadapi dengan berbagai jenis ujian yang berbeda yang disesuaikan dengan formasi atau jabatan yang dilamar.

Pada tahap Tes CAT biasanya anda akan menghadapi soal-soal seputar bidang yang dilamar, namun terdapat beberapa formasi yang tidak mengharuskan pelamarnya untuk mengerjakan soal CAT, contohnya: penjaga tahanan di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang harus melewati uji fisik atau kesamaptaan, dan lain sebagainya.

2. Anda wajib memahami Posisi Jabatan yang Dilamar

Dengan mengetahui posisi jabatan yang dilamar, anda akan tahu kisi-kisi soal yang kemungkinan besar akan dihadapi dalam Computer Assisted Test (CAT) atau jenis tes lainnya.

Dengan mengetahui posisi jabatan yang dilamar juga anda akan tahu secara rinci tugas pokok dan fungsi masing-masing formasi di mana bisa menjadi rujukan soal yang akan anda hadapi nantinya.

3. Anda wajib mengetahui Jadwal dan Lokasi Tes

Sama halnya dengan menghadapi tes lainnya, anda perlu mengetahui kapan tanggal dan dimana lokasi tes berlangsung. Surveylah lokasi tes anda beberapa hari sebelum tes berlangsung, untuk memastikan anda mengetahui lokasi tes dengan pasti dan anda pun mengetahui kendaaran apa yang bisa anda gunakan untuk sampai ke lokasi tes tersebut.

Jangan sampai anda datang terlambat, karena jika anda telrambat maka akan otomatis menggugurkan keikutsertaan. Datanglah 60 menit bahkan 90 menit sebelum tes dimulai agar terhindar dari keterlambatan akibat hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Kuasai Isu Sosial Terkini dan Ketahui Kelebihan Diri Anda

Banyak-banyaklah membaca dan memahami isu-isu terkini, khususnya yang erat kaitannya dengan formasi atau jabatan yang anda lamar, biasanya hal-hal tersebut akan muncul pada tes SKB, dengan mengitu, maka wawasan anda akan semakin bertambah dan semakin percaya diri dalam menghadapi tes.

Anda juga wajib untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan diri anda sendiri. Karena pada saat tahap wawancara, anda akan mendapatkan beberapa pertanyaan yang bersangkutan dengan kelebihan dan kekurangan dari diri anda, kemudian apakah hal tersebut berkaitan dengan formasi atau jabatan yang anda lamar atau tidak.

5. Belajar dan Berlatih Soal Secara Konsisten

Tentunya supaya anda dapat lolos dalam tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), anda pelu banyak belajar dan berlatihlah soal-soal secara konsisten. Setidaknya luangkan waktu selama 30 menit setiap harinya untuk menambah pengetahuan serta pengalaman dalam mengerjakan soal tes CPNS.

Apalagi saat ini anda bisa mengikuti Bimbel CPNS yang dapat membantu anda menyiapkan diri untuk menghadapi tes CPNS yang sebentar lagi akan diselenggarakan oleh pemerintah.

Selebihnya, inilah Tips Mengerjakan soal SKB agar anda lolos pada tahap ini:

1. Patuhi dan Ikutilah aturan, syarat dan ketentuan pelaksanaan SKB yang telah ditetapkan oleh instansi dan tim BKN, karena tidak ada toleransi bagi mereka yang tidak sesuai dengan ketentuan.

2. Kerjakan setiap tes dan soal dengan tenang supaya anda dapat mengeluarkan kemampuan terbaik dari diri anda.

3.  Lewati soal-soal yang dirasa sulit dan kerjakan soal-soal mudah terlebih dahulu.

4. Pastikan mengerjakan semua soal, karena setiap soal yang dijawab dengan benar akan mendapatkan poin 1, dan setiap soal yang dijawab dengan salah akan mendapat poin 0 alias tidak mengurangi satu poin pun, sehingga lebih baik bagi anda mengisi semua soal dengan jawaban yang anda anggap paling benar daripada mengosongkan jawaban.

5. Jangan lupa awali dengan berdoa, dan berserah diri kepada tuhan.

Nah, Itulah Tips Mengerjakan Tes SKB ala Bimbel CPNS yang bisa anda praktekkan supaya lolos dalam tes CPNS yang akan datang.